Klarifikasi Lapangan Lomba Kalurahan Tingkat Regional di Kalurahan Pleret

(Bantul, Oktober 2022) Klarifikasi Lapangan Lomba Kalurahan Tingkat Regional Tahun 2022 di Kalurahan Pleret dilaksanakan pada Kamis 20 Oktober 2022. Tim Juri Klarifikasi Lapangan dipimpin oleh Drs. Nana Wahyudi, M.AP, Kasubdit Wilayah II Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa.

Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom menyampaikan detail wilayah kalurahan Pleret. Istimewanya Pleret pernah menjadi wiliayah kerajaan dimana saat ini ada 11 pedukuhan dengan jumlah penduduk 14.000 jiwa dan rata-rata produktif, untuk itu Kalurahan Pleret optimis untuk menjadi kalurahan digital. Visi Kalurahan Pleret yaitu Kalurahan Digital yang mandiri berbudaya sejahtera dan agamis.

Hadir pula Bupati Bantul dalam rangka menyambut tim Kalirifikasi Lapangan Lomba Kalurahan Tingkat Regional Tahun 2022. Bupati Bantul menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kehadiran Tim Juri. Semoga Lomba Kalurahan Tingkat Regional ini memberi semangat agar dapat bekerja lebih baik dan mampu berinovasi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Koordinator Tim Klarifikasi Lomba Kalurahan, Drs. Nana Wahyudi, M.AP menyampaikan ucapan terimakasih atas penyambutan dari Kalurahan Pleret. Selain itu juga disampaikan tujuan datang ke Kalurahan Pleret adalah untuk melakukan klarifikasi atas administrasi yang telah diterima serta untuk mendapatkan penjelasan dari Lurah Pleret untuk memastikan kebenarannya. Jadi tim klarifikasi ini tidak menilai tapi hanya melakukan klarifikasi apakah Kalurahan Pleret termasuk dalam desa lambat berkembang, swadaya atau berkembang.

Selanjutnya tim juri melanjutkan dengan dengan kalrifikasi administrasi di lingkungan Kantor Kalurahan Pleret, kemudian Juri diajak berkeliling ke Gerbang Pleret. Setelahnya Juri melakukan penilaian di dusun-dusun sample yang telah dipersiapkan. Penilaian dilakukan untuk melakukan klarifikasi lapangan berdasarkan bukti administrasi dan paparan Lurah yang telah disampaikan sebelumnya.