Menuju Administrasi Desa yang Baik

(Bantul, 11-01-2023) Dalam rangka memperbaiki administrasi desa, awal tahun 2023 ini, tanggal 11 Januari 2023 Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan mengundang Kepala Jawatan Paraja 17 Kapanewon, Carik, Danarta, dan Pangripta 75 Kalurahan. Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Dra. Sri Nuryanti, M.Si.

Rapat koordinasi ini untuk mempersiapkan Laporan Realisasi APBKal, Pelaporan RKP, Perkembangan SID, dan MCP KPK. Disampaikan juga untuk meneliti kembali kelengkapan realisasi anggaran APBDes, kelengkapan laporan Lurah Tahun 2022, serta menyandingkan realisasi anggran dengan hasil kerja yang telah dilakukan selama tahun 2022 apakah sudah sesuai dengan rencana dan harapan. Untuk Laporan Desa disesuaikan dengan aturan yang berlaku.

Selama tahun 2022 Desa belum pernah membuat Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Desa, untuk itu pada pertemuan ini dihimbau untuk semua Kalurahan membuat DPA Desa. Disampaikan juga kepada Kalurahan untuk mengupdate Sistem Informasi Desa (SID) terkait anggaran, dalam SID sudah terdapat anggaran Kalurahan namun belum terupdate.

Foto :