Pemutakhiran Data SDG’s Desa Kabupaten Bantul

(Bantul, 19-01-2023) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Kabupaten Bantul telah mempersiapkan pemutakhiran data SDG’s Desa untuk dapat mencapai minimal 80% data SDG’s Desa. Untuk mensukseskan pemutakhiran data SDG’s Desa Kabupaten Bantul ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan bersama Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Bantul melakukan pengecekan data SDG’s Desa yang capaiannya masih dibawah 50%. 

Data SDG’s Desa Kabupaten Bantul yang sudah masuk adalah 620.543 Jiwa dimana jumlah tersebut masih jauh jika dibandingkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan jumlah 956.513, paling tidak pendataan SDG’s Desa Kabupaten Bantul mendekati angka tersebut.

Dengan adanya pemutakhiran data SDG’s Desa ini diharapkan data SDG’s Desa lebih valid untuk menjadi basis pemenuhan hak warga desa untuk sehat, bersekolah, bekerja, lepas dari kemiskinan, hidup dalam kedamaian, tinggal di lingkungan sehat, hingga dalam budaya desa yang sesuai. 

Melalui SDG’s setiap warga desa berhak bebas dari kemiskinan berhak dibiayai oleh negar, berhak mendapatkan Pendidikan yang layak, hingga hidup dalam perdamaian. SDG’s Desa memiliki 18 pembangunan berkelanjutan desa.