Pengarahan Bupati Terkait Pemilihan Lurah Serentak Kabupaten Bantul Tahun 2022

(Bantul, 14 Juli 2022) Telah diselenggarakan Pengarahan Bupati Terkait Pemilihan Lurah Serentak Kabupaten Bantul Tahun 2022 yang dihadiri oleh Bupati Bantul sekaligus memberikan pengarahannya untuk persiapan pemilihan lurah di 21 Kalurahan. Dalam acara ini juga turut mengundang Ketua DPRD Kab. Bantul, Kapolres Bantul, Dandim 0729 Bantul, Kepala Kejaksaan Negeri Bantul, Kepala Pengadilan Negeri Bantul, Sekretaris Daerah Bantul, Asisten Pemerintahan dan Kesra Bantul, Tenaga Ahli Bidang Pemerintahan Bantul, OPD terkait yang ditunjuk sebagai Panitia Pemilihan Lurah, Panewu, Bamuskal, Ketua Panitia Pemilihan Lurah dan Sekretariat Pemilihan Lurah.

Acara dimulai dengan laporan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Bantul dalam persiapan pemilihaan lurah serentak di 21 Kalurahan. Dalam laporannya Dra. Sri Nuryanti, M.Si menyampaikan bahwa Pemilihan Lurah Serentak di 21 Kalurahan ini merupakan salah satu agenda penting dalam perjalanan demokrasi kita di tingkat lokal. Pemilihan Lurah Serentak akan dilaksanakan pada hari Minggu 25 September 2022. Pada bulan Juli ini memasuki tahapan pendaftaran bakal calon lurah.

Adapun 21 Kalurahan yang akan melaksanakan pemilihan lurah serentak yakni Sidomulyo, Sumbermulyo, Mulyodadi, Banguntapan, Jagalan, Potorono, Palbapang, Trirenggo, Jatimulyo, Kebonagung, Trimulyo, Tirtomulyo, Tirtosari, Gilangharjo, Wijirejo, Seloharjo, Gadingsari, Murtigading, Argosari, Argomulyo, dan Bangunharjo.

Dalam arahannya Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih mengatakan bahwa Badan Permusyawaratan Kalurahan (Bamuskal) merupakan penanggungjawab Pemilihan Lurah yang akan dilaksanakan secara serentak pada 25 September 2022 mendatang.

“Ajang demokrasi pemilihan lurah bukan sekedar proses politik praktis yang jamak dengan menghalalkan segala cara dan meninggalkan kearifan luhur hanya untuk menghasilkan sosok lurah baru.” Kata Bapak Abdul Halim. Beliau berpesan kepada Bamuskal dan bebagai pihak terkait untuk memastikan tahapan Pemilihan Lurah Serentak Tahun 2022 di Kabupaten Bantul berjalan sesuai tahapan-tahapan yang telah disusun.