Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III

(Bantul, November 2022) TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III dilaksanakan di Girirejo dan Karangtengah Kapanewon Imogiri. Upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap III telah dilaksanakan di Lapangan Kalurahan Girirejo pada tanggal 11 Oktober 2021. Secara langsung Bupati Bantul menyerahkan peralatan pekerjaan terhadap pelaksana pembangunan TMMD Sengkuyung Tahap III di Kalurahan Girirejo.

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

Tujuan diselenggarakannya Kegiatan TMMD adalah membuka akses wilayah terisolir dan/atau tertinggal, mendorong  akselerasi dan  pemerataan  pembangunan lingkungan, pedukuhan, kalurahan dan daerah, meningkatkan  ketahanan  dan keamanan  bangsa  dan negara, dan merevitalisasi  budaya gotong  royong  dan swadaya masyarakat sebagai elemen strategis bagi keberhasilan pembangunan.

Pelaksanaan TMMD ini, serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia selama 30 hari mulai tanggal 11 Oktober 2021 sampai dengan 9 November 2022.

Sasaran TMMD terdiri dari sasaran pokok dan non fisik. Selain kegiatan Fisik, juga akan dilaksanakan Kegiatan Non Fisik berupa Penyuluhan Bela Negara, Penyuluhan KAMTIBMAS dan Penyuluhan bidang kesehatan. Harapannya melalui kegiatan TMMD ini selain dapat mempererat kemanunggalan TNI dan Rakyat, mempererat kerukunan ditengah masyarakat juga dapat berdampak secara nyata dalam pengembangan kawasan pedesaan di Kalurahan Girirejo dan Karangtengah Kapanewon Imogiri dengan mengoptimalkan potensi sumber daya lokal yang ada.

Kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III di Kalurahan Girirejo, Imogiri ditutup dengan upacara penutupan di Lapangan Kalurahan Girirejo ditandai dengan penyerahan Berita Acara Hasil TMMD dari Dandim 0729 Letkol Inf Arif Hermat SIP kepada Bupati Bantul Abdul Halim pada tanggal 9 November 2022.